Edisi September 2012

GEJALA PERUBAHAN BUNYI BAHASA PROTO-AUSTRONESIA KE DALAM BAHASA SUMBA DIALEK ANAKALANG (BSDA)DI KABUPATEN SUMBA TENGAH

Penulis              

Hendrina Pada

Sumber Dana Dana Rutin Universitas PGRI NTT
Tahun Penelitian 2012
Fakultas FKIP Undana NTT
Abstrak

BSDA adalah salah satu dialek  yang ada di pulau Sumba. Sebagai salah satu dialek BSDA termasuk dalam Rumpun Bima-Sumba. Dalam penelitian ini ditemukan gejala perubahan bunyi bahasa dalam BSDA sebagai warisan dan pantulan dari proto-Austronesia (PAN).  Gejala perubahan bunyi tersebut ditemukan pada gejala aferesis, sinkope, apokope, protesis dan paragoge, sedangkan gejala epentesis tidak ditemukan.

Kata Kunci

sound changes, heritage, reflection

 

KE’DDI, DALAM PERSPEKTIF HAK ASASI MANUSIA

Penulis               

1)Delorens Lorentje Naomi Bessie, 2)Mely Hendrik Mena

Sumber Dana Dana Rutin Universitas PGRI NTT
Tahun Penelitian 2012
Fakultas Hukum Universitas PGRI NTT
Abstrak

Ke’ddi merupakan Uku Rai Hawu yang dihormati dan dilaksanakan sampai saat ini. Hal ini wajar karena orang Sabu meyakini bahwa barangsiapa melanggar Uku Rai Hawu akan mendapat sanksi dari Deo Ama dan para leluhur yang disebut laknat Illahi. Ke’ddidilakukan dengan alasan tertentu misal menghormati Uku Rai Hawu, melindungi perempuan/isteri/ibu, melindungi anak-anak. Namun apapun alasannya, beberapa bagian dari tahapan pelaksanaan Ke’ddiadalah pelanggaran Hak Asasi Manusia.

Kata Kunci          

Ke’ddi, violation, human rights

PENGARUH MOTIVASI KERJA PEGAWAI TERHADAP EFEKTIFITAS

PELAYANAN PUBLIK

Penulis               

Yonatan Pering

Sumber Dana Dana Rutin Universitas PGRI NTT
Tahun Penelitian 2012
Fakultas Ekonomi Universitas PGRI NTT
Abstrak

Penelitian ini mengkaji sejauhmana pengaruh variabel motivasi kerja pegawai yang melingkupi sub-variabel motif, pengharapan, insentif, nilai agama terhadap variabel efektivitas pelayanan publik yang melingkupi sub-variabel pencapaian tujuan, kualitas pelayanan, produktivitas kerja, dan kepuasan pengguna jasa di rumah sakit umum Kalabahi Kabupatren Alor Provinsi Nusa Tenggra Timur. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain analitik. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Frank Lynch yang distribusikan kepada masyarakat pengguna jasa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian utama, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data kuantitatif yang telah dikumpulkan kemudian diolah melalui tiga tahap pengujian yaitu pengujian regresi linear sederhana, pengujian korelasi rank Spearman  dan pengujian determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi kerja pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pelayanan publik di Kabupaten Alor. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan, teruji dan dapat diterima. Pengaruh tersebut mengindikasikan bahwa efektifivitas pelayanan publik yang melingkupi pencapaian tujuan, kualitas pelayanan, produktivitas, dan kepuasan pengguna jasa akan semakin meningkat apabila motivasi kerja pegawai dengan sungguh-sungguh diperhatikan dan dilaksanakan secara terencana dan berkesinambungan.

Kata Kunci         

motivation, effectiveness, the public service

PEMETAAN BAHASA DI KABUPATEN MANGGARAI

Penulis                Alex Djawa
Sumber Dana Dana Rutin  Universitas PGRI NTT
Tahun Penelitian 2012
Fakultas FKIP Universitas PGRI NTT
Abstrak

Berdasarkan penghitungan jarak kosa kata per medan makna menurut segitiga antardesa, hasil yang diperoleh secara umum adalah:  tidak ada medan makna tertentu yang memperlihatkan adanya persentase perbedaan leksikal. Penghitungan dialektometri pada semua peta leksikal  hasilnya memperlihatkan kesamaan leksikal 100%. Jadi, berdasarkan rumus dialektometri, di Kabupaten Manggarai terdapat hanya satu bahasa, yaitu bahasa Manggarai.

Kata Kunci field meanings, dialektometri, maps lexical

PENGARUH MARKETING MIX JASA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENJADI NASABAH PADA BANK MANDIRI CABANG KUPANG

Penulis              

Erens Richard Ouwpoly

Sumber Dana Dana Rutin Universitas PGRI NTT
Tahun Penelitian 2012
Fakultas Ekonomi Universitas PGRI NTT
Abstrak

Keberadaan bank dalam perekonomian suatu Negara merupakan suatu wahana yang memungkinkan kegiatan ekonomi yang dijalankan para pelaku ekonomi, baik para pelaku ekonomi individu atau kelompok  maupun pelaku ekonomi dalam konteks negara. Bagaimanakah tanggapan konsumen terhadap kegiatan marketing mix dan keputusan konsumen dalam menabung pada Bank Mandiri Cabang Kupang. Apakah variabel marketing mix yang jasa perbankan secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah pada Bank Mandiri Cabang Kupang.Penelitian ini bertujuan mengetahui tanggapan konsumen dan signifikansi baik secara simultan dan parsial terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah pada bank Mandiri Cabang Kupang. Untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari variabel Marketing Mix terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah pada Bank Mandiri Kupang.Sementara itu, metode yang digunakan untuk analisis data adalah analisis kuantitatif seperti regresi linear berganda, dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian menemukan bahwa : 1) variabel-variabel dalam bauran pemasaran meliputi produk, harga, promosi, distribusi, pegawai, bukti fisik dan prosessecara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen berbelanja pada Swalayan Dutalia Kota Kupang. 2) Secara parsial variabel Produk, harga, pegawai, dan proses berpengaruh  terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah Bank Mandiri Cabang Kupang sedangkan variabel promosi, distribusi, dan bukti fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah pada Bank Mandiri Cabang Kupang.3) secara parsial variabel promosi, distribusi, bukti fisik tidak memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen menjadi nasabah Pada Bank Mandiri Cabang Kupang. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan kepada Bnak Mandiri Cabang Kupang  untuk menerapkan bauran pemasaran yang lain sehingga mampu meningkatkan konsumen menjadi nasabah pada Bank Mandiri Cabang Kupang, dan perlu mengoptimalkan kebijakan perusahaan dalam meningkatkan pelayanan kepada konsumen.

 

 

Kata Kunci marketing mix, product, cost, promotion, distribution, persons, physical evidence, process

Analisis Persebaran Dan Keanekaragaman Komunitas Tumbuhan Obat Dari Vegetasi Asli Pada Beberapa Lokasi di Kabupaten Kupang

Penulis              

Uly Jonathan Riwu Kaho

Sumber Dana Dana Rutin Universitas PGRI NTT
Tahun Penelitian 2012
Fakultas Pertanian Uiversitas PGRI NTT
Abstrak

Tumbuhan memiliki nilai penting dari nilai keanekaragaman tumbuhan dimana salah satunya adalah kedudukannya sebagai tumbuhan obat yang begitu banyak manfaat dan khasiatnya. Begitu banyaknya manfaat dan keunggulan serta kekayaan jenis tumbuhan obat, mulai nampak dampak negatif yang dirasakan yakni mulai melangkanya beberapa jenis tumbuhan obat sebagai akibat tekanan dan degradasi lingkungan sebagai habitat tumbuhan obat di berbagai daerah termasuk di NTT. Kondisi ini ternyata belum diikuti dengan pengetahuan dan informasi dengan jelas mengenai apakah menurunnya jenis-jenis tumbuhan obat ini sudah terjadi dimana saja dan bagaimana sebarannya pada setiap habitat dan komunitas vegetasi yang tersebar. Penelitian ini dilakukan untuk  mengetahui tingkat sebaran jenis tumbuhan obat yang tumbuh pada komunitasvegetasi yang berbeda yakni hutan, rumput dan semak belukarsecara khusus pada beberapa wilayah di Kabupaten Kupang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan secara signifikan terhadap tingkat persebaran tumbuhan obat dengan melihat jumlah tanaman obat dari tiga vegetasi yakni komunitas  hutan, semak belukar dan padang rumput. Dengan menggunakan Uji Beda Nyata (BNT), maka diperoleh  tingkat persebaran jenis tumbuhan obat tertinggi terdapat pada komunitas hutan dan semak belukar, sedangkan tingkat persebaran jenis tumbuhan obat terendah terdapat pada komunitas rumput. Kesimpulannya adalah bahwa jenis tumbuhan obat sangat melimpah pada wilayah Kabupaten Kupang, terutama pada komunitas vegetasi hutan dan semak belukar. Akan tetapi perbedaan tingkat sebaran jenis tumbuhan obat pada setiap vegetasi asli di beberapa wilayah Kabupaten Kupang dimana hal ini menunjukan bahwa faktanya kondisi habitat serta tingkat persebaran dan keanekaragaman jenis tumbuhan obat mengalami ancaman dan tertekan oleh berbagai kegiatan manusia dalam berbagai kepentingan dan kebutuhannya karena itu perlu dilakukan berbagai upaya konservasi dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan oleh semua pihak.

Kata Kunci medicinal plants, distribution, diversity level

Hubungan Antara Kepuasan Kerja dan Etos Kerja dengan Kinerja Guru SMA Methodist 1 Palembang

Penulis                Zummy Anselmus Dami
Sumber Dana Dana Rutin Universitas PGRI NTT
Tahun Penelitian 2012
Fakultas FKIP Universitas PGRI NTT
Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi hubungan antara kepuasan kerja guru dan etos kerja guru dengan kinerja guru SMA Methodist 1 Palembang. Hasil penelitian pertama menunjukkan ada hubungan positif dan tidak signifikan antara kepuasan kerja guru dengan kinerja guru SMA Methodist 1 Palembang dengan rx1y=0.170 dan p = 0.266>0.05. Ini berarti tinggi rendah kepuasan tidak akan berpengaruh terhadap tinggi rendah kinerja guru.Hasil kedua dari penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara etos kerja guru dengan kinerja guru SMA Methodist 1 Palembang dengan rx2y sebesar 0.451 dan p = 0.002<0.05. Ini berarti jikalau skor etos kerja meningkat, maka skor kinerja guru meningkat atau sebaliknya.Hasil penelitian ketiga menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara kepuasa kerja dan etos kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru SMA Methodist 1 Palembang dengan rx1x2y sebesar r= 0.475 dan P= 0.005 < 0.05. Ini berarti jikalau skor kepuasan kerja dan etos kerja meningkat, maka skor kinerja guru meningkat atau sebaliknya.

Kata Kunci

relationship, teacher of performance, teacher of job satisfaction, teacher of work ethic

 

Copyright © 2013 lp2mpgrintt.ac.id All Rights Reserved. About | Advertise | Contact